Mangrove?

Hutan merupakan suatu kawasan yang ditumbuhi atau tertutupi pepohonan, terkadang hutan merupakan suatu kawasan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hutan memiliki banyhak potensi yang dapat dimanfaatkan, salah satu hutan tersebut adalah hutan mangrove. Hutan mangrove merupakan kawasan hutan yang terdapat di daerah pantai yang tenang, tidak terjadi ombak, dan selalu tergenang air laut. Hutan mangrove memiliki banyak hal yang dapat dimanfaatkan mulai dari ekosistem tempat tumbuh sampai oragaisme yang ada.

Fungsi dari hutan mangrove yang banyak diketahui oleh kebanyakapat digunakan sebagai tempat pemijahan ikan di perairan, pelindungan daratan dari abrasi pantai, pelindungan daratan dari tiupan angin, penyaringan intrusi air laut ke daratan dan kandungan logam berat berbahaya bagi kehidupan, serta sebagai habitan berbagai organisme.

Hutan mangrove didominasi tumbuhan dari famili Rhizoporaceae seperti Rhizopora apiculata, Kanderia obovata, Ceriops tagal, dan Bruguiera gymnorrhiza. Tidak hanya dari famili Rhizopraceae, namun ada spesies lain yang meliputi ekosistem mangrove seperti Nypa fruticans, Osbornia octodonta, Aegiceras corniculatum, dan Sonneratia ovata.

Ekosistem Hutan Mangrove

Ekosistem Hutan Mangrove

Ekosistem Hutan Mangrove

This entry was written by SURYA ADHI PRANATA , posted on Friday November 04 2016at 05:11 am , filed under Fitogeografi . Bookmark the permalink . Post a comment below or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>