Menambah Wawasan dan Pengalaman dari Filipina

Jumat 28 Oktober 2016, kuliah Fitogeografi kelas C yang diampu oleh Bapak Atus Syahbudin mendatangkan dosen tamu untuk memperkaya ilmu dari Filipina, Tomas de Reyes Jr. dan pendamping dari Amerika, James. Kami diberitahu bahwa di kelas yang diampu oleh Bapak Thomas, mahasiswanya dituntut untuk menghafalkan 400 spesies yang setiap pertemuannya diberikan sekitar 30 spesies. Kami juga mendapat pengetahuan tambahan tentang ekosistem hutan yang ada di Filipina serta berbagai macam spesies yang ada dan spesies endemik.

Dalam kuliah ini, kami juga diberi tahu bagaimana cara mereka untuk mengidentifikasi suatu spesies tumbuhan. Dari situ kami juga diberi pertanyaan oleh dosen tamu tersebut, “Bagaimana kalian ‘sendiri’ mengidentifikasi suatu spesies tumbuhan dan bagaimana cara kalian menghafalkannya?”. Dari pertanyaan itu saya menjawab dalam post ini, saya mengidentifikasi tumbuhan melalui bentuk daun, morfologi batang, dan lain-lain. Dan cara saya untuk menghafalkan suatu spesies dari nama dan saya googling untuk mencari gambar, spesies khusus, serta arti dari nama spesies tersebut.

Menurut saya, perkuliahan seperti ini (mendatangkan dosen tamu) dapat membantu kita dalam mendapatkan suatu pengetahuan yang lebih spesifik tentang sesuatu dan dapat menambah wawasan pengalaman juga (karena pengalaman dapat diambil dari cerita orang lain).

This entry was written by SURYA ADHI PRANATA , posted on Friday November 04 2016at 04:11 am , filed under Fitogeografi . Bookmark the permalink . Post a comment below or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>